info@glbudaya.id +62 821 1129 2581

Olivia Zalianty Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan Hidup

JAKARTA – Dalam rangka gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai KLHK dan Hari Bela Negara 19 Desember, Ketua Green Optimistic, Olivia Zalianty bersama Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi melakukan penanaman pohon batang agam, Rabu (18/12). Selain menanam pohon, Olivia juga membagikan sekitar 10.000 pohon kepada masyarakat sekitar.

Artis yang akrab disapa Oliv itu mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dan bahagia menjalani kegiatan merawat alam dengan menanam pohon sebanyak 10.000. Kegiatan tersebut, ucap Oliv, sangat baik bagi kehidupan manusia ke depan.

“Kalau pepohonan semakin berkurang sementara jumlah manusia semakin banyak. Jangan sampai generasi berikut hanya mendapatkan oksigen hanya dari selembar daun,” kata putri artis peran senior Tetty Liz Indriati itu dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Sebagai Duta Bela Negara Lingkungan Hidup, Oliv melakukan kegiatan penanaman 10 ribu pohon ini bersama sejumlah lembaga penjaga dan perawat lingkungan seperti KLHK, BRG RI, BNPB,PUPR, ICMI, PB NU, PERTI, Karang Pohon dan PT PLN. Kegiatan itu merupakan inisiasi dari Generasi Lintas Budaya Foundation yang diketuai Raja Asdi, sementara Prof. Jimly Asshiddiqie dan aktivis kemanusiaan Hendardi duduk sebagai penasihat.

Menurut Oliv, sebuah fenomena yang harus terus dihidupkan setiap tahunnya agar lingkungan alam seluruh Indonesia tetap hijau, asri dan dapat mengantisipasi bencana longsor. “Keterlibatan generasi muda dalam penanaman pohon dalam rangka bersama merawat lingkungan hidup bumi pertiwi mesti terus digalakkan, karena mereka nantinya bisa menularkan kegiatan ini menjadi tradisi yang turun temurun,” ujar aktris kelahiran 18 Oktober 1981.

Mencintai dengan merawat alam dilakukan berkelompok dari aspek sosial juga mendorong generasi muda berinteraksi positif dan tidak melulu bermain gawai yang cenderung individual. “Lihat saja di Payakumbuh ini anak-anak mudanya senang melakukan aktivitas olahraga rafting, bola basket, sepakbola, dan skateboard. Dari lokasi yang sehat dan nyaman seperti itu melahirkan juara di level SEA Games. Selain senang-senang bermain juga meningkatkan prestasi olahraga mengharumkan nama Indonesia,” tutur Oliv, yang juga memiliki banyak prestasi di cabang olahraga wushu.

Menanam dan membagikan pohon untuk menjaga lingkungan hidup ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan multi event lintas budaya yang sejenis. Sebelumnya kegiatan cinta dan merawat lingkungan alam ini sudah dilakukan di beberapa daerah, salah satunya Riau pada pekan depan. “Saya bukan saja mengajak untuk menanam, tetapi juga agar tahun 2020 di Payakumbuh dan seluruh Indonesia sudah zero plastic,” harap Oliv.

Kehadiran Oliv di dalam kegiatan yang sangat fundamental bagi keberlangsungan kehidupan manusia ini tidak akan berhenti di sini. Dia akan terus mengajak masyarakat dan menyadarkan mereka betapa pentingnya menjaga lingkungan alam.

“Mulai saja yang terkecil tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuah sampah ke sungai itu bagi saya itu perbuatan jahat. Bukan saja membuat banjir dan merusak lingkungan, juga sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan kita semua,” pungkasnya.

(nug)