info@glbudaya.id +62 821 1129 2581

Berita Acara Penjurian Kontes Kartun & Karikatur Internasional 2019

Pada hari Senin, 24 Februari 2020, bertempat di Hotel Werdhapura, Sanur, Bali telah diselenggarakan penjurian final Kontes Kartun & Karikatur Internasional 2019 (International Cartoon and Caricature 2019) bertemakan Green Optimistic Indonesia dengan total peserta 298 orang dengan 1226 karya dari 47 negara.  Kontes tersebut diadakan oleh Organisasi Generasi Lintas Budaya yang diketuai oleh Raja Asdi dan  berlangsung sejak 01 November 2019 hingga 31 Januari 2020.

Dewan juri yang terdiri dari Yere Agusto (Koordinator Juri), Yehana SR, Jango Pramartha, dan Remy Sylado telah memilih pemenang dengan cermat meliputi aspek-aspek teknis, estetis, ide, orisinalitas, dan otentisitas dari masing-masing kategori lomba dengan hasil sebagai berikut :

 

  1. Kategori Kebakaran Hutan dan Lahan

Pemenang       : Muchid Rahmat – Indonesia

  1. Kategori Sampah Plastik

Pemenang       : Hooman Tahvildar Akbary – Iran

 

  1. Kategori Penebangan Liar

Pemenang       : Valentin Druzhinin – Russia

 

  1. Kategori Gerakan Nasional Daerah Pemulihan Aliran Sungai

Pemenang       : Luc Descheemaeker_Belgia

 

 

Catatan           :

Karya Luc Descheemaeker terpilih sebagai pemenang walaupun ada kemiripan dengan karyanya yang pernah menang di Moroccon Cartoon Contest 2018, dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

  1. Dari sudut pandang juri karya Luc Descheemaeker adalah yang terbaik di antara karya kartunis lain yang diikutsertakan dalam kategori Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai pada kontes kartun ini.
  2. Dalam aturan yang ditetapkan dalam International Cartoon & Carricature Contest Green Optimism Indonesia tidak menyebutkan karya yang diikutsertakan dalam kontes tersebut harus yang terbaru atau belum pernah menang dalam kontes kartun serupa di manapun.
  3. Karya Luc Descheemaeker yang diikutsertakan dalam kontes kartun ini tidak 100% sama dengan yang pernah memenangkan kontes di Maroko. Ada penambahan aksesoris (Sabit Grim Reaper) dan tangan, sehingga Dewan Juri berpendapat karya tersebut bisa dikatakan sebagai penyempurnaan dari karya sebelumnya.
  4. Dalam pandangan Dewan Juri, karya yang tidak diperkenankan untuk mengikuti kontes adalah karya yang bersifat plagiat atau jiplakan 100% dari karya kartunis lain.
  5. Dalam kategori ini, setelah terjadi perbedaan pendapat di antara Juri, maka dilaksanakan voting. Juri Yere Agusto (Surabaya), Remy Sylado (Jakarta) dan Jango Pramartha (Denpasar) memilih untuk tetap memenangkan karya Luc Descheemaeker (Belgia). Sedangkan Yehana SR (Magelang) memilih untuk menolak.

 

Perbandingan

 

Second Prize Morrocon Cartoon Contest 2018                             Winner GNPDAS Category ICCC GOI 2019

 

 

 

 

  1. Kategori Perubahan Iklim

Pemenang       : Sukriyadi Sukartoen – Indonesia

 

  1. Kategori Manfaat Lahan Gambut

Pemenang       : Furqon Elwe – Indonesia

 

  1. Kategori Pesona Alam Indonesia

Pemenang       : Mohammad Hossein Akbari – Iran

 

 

 

Selain ketujuh pemenang tersebut, Dewan Juri telah bersepakat untuk memilih 2 (dua) orang pemenang hadiah wisata ke Taman Nasional di Indonesia, yakni:

  1. Furqon Elwe – Indonesia

Hadiah wisata ke Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya, Kalimantan Tengah

  1. Luc Descheemaeker – Belgia

Hadiah wisata ke Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya, Kalimantan Tengah

 

Demikian berita acara penjurian ini kami buat dengan cermat dan bersifat tetap, serta tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun. Selanjutnya Dewan Juri menyerahkan berita acara ini kepada pihak penyelenggara yaitu Organisasi Generasi Lintas Budaya dengan penanggung jawab Raja Asdi, untuk mengumumkan dan memberikan hadiah sebagaimana seharusnya.

 

Dewan Juri tidak bertanggungjawab atas segala hal berkaitan dengan hadiah pemenang International Cartoon & Carricature Contest – Green Optimism Indonesia 2019.

 

 

 

Sanur, 24 Februari 2020

Dewan Juri